Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Wisata Alam Kapalo Banda Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung

Authors

  • Hidayat Raflis Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Iis Ismawati Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Sri Nofianti Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.32530/jace.v6i1.633

Keywords:

kepuasan konsumen, bauran pemasaran jasa, wisata alam

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang terus berkembang dan menjadi sumber pendapatan nasional. Wisata alam merupakan salah satu jenis wisata yang pertumbuhannya secara global cukup pesat. Salah satu wisata alam yang terkenal di Kabupaten Limapuluh Kota adalah Kapalo Banda yang terletak di Nagari Taram. Jumlah pengunjung Wisata Alam Kapalo Banda pada tahun 2022 mengalami peningkatan sekitar 81 persen dibanding tahun 2021, hal ini menunjukkan bahwa tingginya kebutuhan masyarakat akan hiburan dan rekreasi alamserta didukung oleh turunnya level PPKM di Kabupaten Limapuluh Kota ke Level 1 pada rentang waktu tersebut. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa Wisata Alam Kapalo Banda terhadap kepuasan pengunjung, dan mengetahui faktor apa yang berpengaruh signifikan dari bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pengunjung Wisata Alam Kapalo Banda. Penelitian ini dilaksanakan di Wisata Alam Kapalo Banda dengan menggunakan pendekatan survei. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan skala likert. Teknik analisis data untuk mengukur pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasaan konsumen adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh unsur bauran pemasaran jasa yaitu unsur produk, harga, lokasi, promosi, pengelola, proses dan fasilitas fisik, secara serentak atau simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung di Wisata Alam Kapalo Banda. Secara parsial atau individual, variabel produk dan fasilitas fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung di Wisata Alam Kapalo Banda. Sedangkan variabel harga, lokasi, promosi, pengelola, dan variabel proses tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung di Wisata Alam Kapalo Banda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Raflis, H., Ismawati, I., & Nofianti, S. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Wisata Alam Kapalo Banda Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung. Journal of Agribusiness and Community Empowerment (JACE), 6(1), 54–62. https://doi.org/10.32530/jace.v6i1.633

Issue

Section

Articles