APLIKASI KOMPOS KOMBINASI KOTORAN KAMBING DENGAN KOTORAN AYAM UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt)

Authors

  • Lisna Sari Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Muflihayati Muflihayati Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.32530/jfcaa.v3i2.674

Keywords:

jagung manis, kompos, kotoran ayam, kotoran kambing

Abstract

Jagung manis (Zea mays saccharata Sturt) merupakan tanaman pangan yang menduduki urutan ketiga setelah gandum dan padi. Permasalahan yang mempengaruhi pertumbuhan dan produksi jagung manis adalah rendahnya kesuburan fisik, biologi, dan kimia tanah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kesuburan fisik, biologi dan kimia tanah adalah dengan aplikasi kompos kombinasi kotoran kambing dengan kotoran ayam. Kompos kombinasi kotoran kambing dengan kotoran ayam merupakan pupuk organik yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas tanaman, karena dapat memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman dalam jumlah yang cukup. Kotoran ayam mengandung unsur hara N dan P lebih tinggi dibanding kotoran hewan lainnya, sedangkan kotoran kambing mengandung unsur hara K lebih tinggi dibanding kotoran hewan lainnya. Tujuan percobaan ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi kompos kombinasi kotoran kambing dengan kotoran ayam terhadap pertumbuhan dan produksi jagung manis. Budi daya jagung manis ini dilaksanakan pada Bulan Februari-Mei 2022 di lahan percobaan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Dosis kompos kombinasi kotoran kambing dengan kotoran ayam adalah 20 ton/ha. Pertumbuhan tanaman diamati dan data hasil pengamatan diuji secara statistik menggunakan uji t dengan taraf nyata 5% dan 1%. Aplikasi kompos kombinasi kotoran kambing dengan kotoran ayam memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata terhadap tinggi tanamana, panjang daun, diameter tongkol, panjang tongkol, bobot tongkol berkelobot, dan bobot tongkol tanpa kelobot, serta berbeda nyata terhadap pertumbuhan lebar daun, akan tetapi berbeda tidak nyata terhadap jumlah daun, jumlah tongkol/batang, jumlah baris/tongkol dan jumlah biji/baris.

 

Kata Kunci: jagung manis, kompos, kotoran kambing, kotoran ayam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

Sari, L., & Muflihayati, M. (2023). APLIKASI KOMPOS KOMBINASI KOTORAN KAMBING DENGAN KOTORAN AYAM UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt). Journal of Food Crop and Applied Agriculture, 3(2), 235–246. https://doi.org/10.32530/jfcaa.v3i2.674

Issue

Section

Articles