DISTRIBUSI PARASITOID Ooencyrtus malayensis DI PERTANAMAN PADI SUMATERA BARAT: KANDIDAT PENGENDALI HAYATI WALANG SANGIT (Leptocorisa oratorius F.)

  • Fri Maulina Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Muflihayati Muflihayati Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
Keywords: Ooencyrtus malayensis, distribusi, parasitisasi, dominansi, mortalitas

Abstract

Pemberdayaan  musuh alami hama seperti  parasitoid Ooencyrtus malayensis sebagai pengendali hayati walang sangit dapat meminimalisir penggunaan insektisida kimia dan  memiliki nilai positif yaitu mengendalikan hama pada stadia awal perkembangannya. Tujuan penelitian adalah: menentukan distribusi populasi parasitoid pada topografi Sumatera Barat yang berbeda, dan menentukan tingkat parasitisasi, dominansi dan mortalitas parasitoid tersebut. Pengambilan sampel telur walang sangit terparasit di lokasi padi sawah dengan metode stratifield sampling pada tiga ketinggian tempat yaitu: Sungai Sapih Kota Padang, Rendah (20 m dpl ), Tanjung Pati Kabupaten Limapuluh Kota, Sedang (500 m dpl), dan Kubang Putih Kabupaten Agam, Tinggi (975 m dpl). Sampel telur diamati di laboratorium untuk mengetahui telur yang terparasit oleh O. malayensis dan selanjutnya data dianalisis.  Hasil penelitian membuktikan bahwa distribusi parasitoid  O. malayensis lebih dominan pada lokasi lokasi dataran rendah selanjutnya dataran sedang sedangkan pada dataran tinggi tidak ditemukan.  Tingkat parasitisasi pada dataran rendah dan tinggi adalah 13% dan 6%. Sedangkan nilai mortalitas parasitoid O. malayensis pada dataran rendah dan tinggi adalah 17 % dan 33 %.  Dari penemuan ini disimpulkan bahwa parasitoid O. malayensis menyukai lokasi dengan ketinggian rendah dri permukaan laut dan dapat memparasitisasi telur walang sangit dengan tingkat serangan yang cukup tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31
How to Cite
Maulina, F., & Muflihayati, M. (2020). DISTRIBUSI PARASITOID Ooencyrtus malayensis DI PERTANAMAN PADI SUMATERA BARAT: KANDIDAT PENGENDALI HAYATI WALANG SANGIT (Leptocorisa oratorius F.). LUMBUNG, 19(2), 58-66. https://doi.org/10.32530/lumbung.v19i2.206
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times